Investasi Terbaik Apartemen " Bassura City"


Saat ini, peruntukan apartemen tidak sekedar menjadi tempat tinggal, tetapi juga insturmen investasi. Hal itu sering menjadi tren gaya hidup masyarakat di kota-kota besar yang memilih hunian vertikal d tengah kota. Kemacetan yang pelik dan minimnya angkutan massal menuntut adanya kepraktisan tempat tinggal yang berdekatan dengan pusat kegiatan bisnis. Hal ini berdampak positif terhadap permintaan apartemen beli maupun sewa yang naik setiap tahunnya.

Berbeda dengan kepemilikan rumah tinggal tapak yang berstatus hak milik atas tanah dan bangunan, kepemilikan hunian vertikgal adalah berstatus hak guna bangunan (HGB). Ini karena apartemen yang dihuni ratusan hinggal ribuan penghuni berdiri di atas tanah yang bukan milik sendiri.
Kepemilikan hak guna banguan apartemen dan batasnya. Berdasarkan Undang-Undang Agraria, hak guna banguan berlaku sealam 30 tahun dan dapat diperpanjang 20 tahun. Setelah umur banguan habis,hunian bertingakat itu harus diremajakan.

Pertanyaan yang muncul, apakah harga unit apartemen akan terus meningakt atau justru menurun dalam jangka panjang? Seperti hal nya barang, nilai bangunan pasti akan menurun seiring waktu pasti akan menurun termakan usia, tetapi ada faktor lain  yang mendorong nilai jualnya tetap tinggi yakni kebutuhan pasar, lokasi, pengelolaan bangunan dan perawatannya.
Lokasi-lokasi-lokasi hal yang menjadi faktor pertama dalam membeli suatu property. Pada lokasi tertentu di tengah kota, harga apartemen cenderung meningkat seiring kebutuhan orang mencari tempat tinggal yang dekat dengan aktivitas bisnis mereka. 

Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi nilai jual adalah kondisi apartemen, Dalam hal ini perawatan menjadi faktor utama. Itulah sebabnya penghuni diwajibkan membayar biaya pengelolaan service charge) / Iuran Pengelolaan Lingkungan di "Bassura City".
Dalam hal perpanjangan hak guna bangunan, saat membeli apartemen harus memperhatikan juga status tanah yang dibangun untuk menghindari resiko investasi karena status tanah berdampak pada proses perpanjangan hak guna bangunan dikemudian hari.

Apartemen "Bassura City" yang dibangun di atas tanah HGB Murni dan salah satu apartemen yang lokasinya di tengah kota dengan harga yang masih terjangkau terutama untuk secondary unit masih memberikan prospek investasi yang menguntungkan.

Komentar